GayaKeren.id – Kehadiran sang buah hati menjadi hal yang sangat dinanti-nanti oleh setiap keluarga. Menjadi seorang ibu merupakan pekerjaan mulia namun bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi bagi ibu baru yang menyusui. Tidak hanya diri sendiri, ibu juga sering kali memegang tanggung jawab besar akan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan dalam keluarganya. Sayangnya, di tengah perjalanannya menjadi seorang ibu, tidak jarang ditemui komentar-komentar tidak baik yang ditujukan kepada si ibu dan bayi atau dikenal dengan istilah mom shaming and baby shaming. Hal tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi sang ibu, seperti cemas, tidak percaya diri, stress bahkan baby blues yang mengakibatkan depresi sehingga melukai anak dan diri sendiri.

Berangkat dari isu tersebut, Youtuber dan pasangan musisi Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar kembali berduet dan mengajak Mom Uung selaku Sahabat Pejuang ASI, berkolaborasi untuk membantu dan memberikan dukungan kepada para ibu dan ibu menyusui melalui lagu berjudul “Berhak Bahagia”.

Lagu ini berisikan pesan positif dan semangat agar para perempuan saling mendukung dalam perjalanannya menjadi seorang ibu. Musik yang menyuguhkan genre pop ini menceritakan kehidupan perjalanan seorang ibu yang berhak mendapatkan dukungan penuh suami, keluarga, dan lingkungan sekitar. Lagu “Berhak Bahagia” diciptakan oleh Atta Halilintar dan Vais Randi, serta dikerjakan kurang lebih selama satu bulan.

“Tentunya, lagu ini dibuat atas kegelisahan kita bersama terhadap ibu-ibu yang sering di-bully atau dibicarakan tentang bagaimana cara dia mengasuh anak, bagaimana kehidupan menjadi sebagai ibu, dan bagaimana hal tersebut berpengaruh terhadap pemberian ASI kepada anaknya, jadi kita hadirkan lagu ini untuk memberikan semangat kepada para ibu yang sedang menyusui khususnya istriku tercinta Aurel,” ujar Atta.

Kolaborasi yang apik ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya memberikan dukungan untuk para ibu menyusui dan tumbuh kembang anaknya. Atta dan Aurel juga mengajak Mom Uung, baik untuk karya dan momen saat Aurel memberikan ASI kepada Ameena, putri pertama mereka.

“Saya sangat senang dalam kolaborasi ini karena memberikan banyak edukasi bukan hanya terhadap ibu-ibu menyusui namun juga kepada masyarakat. Karena perlu kita ketahui ibu-ibu ini tentunya butuh banyak dukungan dan dorongan agar bisa mendukung ASI eksklusif yang maksimal dan kewarasan selama proses menyusui,” ujar Mom Uung.

Menurut Mom Uung, ada beberapa cara yang harus diterapkan pada ibu menyusui agar berhasil ASI eksklusif dan lulus mengASIhi 2 tahun. “Ibu harus memiliki istirahat yang cukup, memperbanyak edukasi mengASIhi sebagai bekal selama proses menyusui, komunikasikan apa yang dirasakan kepada suami atau keluarga terdekat, dan konsumsi asupan sehat untuk menjadi sumber energi dan memenuhi kebutuhan gizi tubuh,” ujar Mom Uung.

“Oleh karena itu, Mom Uung sudah menyiapkan program layanan konsultasi gratis 24 jam Bersama Konselor Menyusui yang sudah tersertifikasi, memberikan kelas menyusui gratis selama 1 tahun penuh bersama dokter laktasi, edukasi menyusui di seluruh platform Mom Uung, dan juga komunitas positif untuk sesama ibu menyusui bisa sharing”, tambah Mom Uung.

Aurel Hermansyah sebagai ibu muda juga berharap para ibu senantiasa merasa nyaman dan bisa memproduksi ASI dengan kualitas terbaik untuk sang buah hati, “Lagu ini mengingatkan kembali bahwa kita para ibu menyusui “Berhak Bahagia”. Tidak boleh lagi adanya bully atau pembicaraan-pembicaraan yang kurang mengenakkan terhadap para ibu menyusui. Para ibu ini perlu dukungan baik dari suami, keluarga, dan lingkungan sekitar agar mampu mempersiapkan generasi selanjutnya,” ujar Aurel.

Lagu ini diharapkan bisa dinikmati oleh para ibu untuk dijadikan hiburan serta memberikan semangat ketika mendengarkan. Video klip lagu ini juga dapat disaksikan melalui Youtube Channel Atta Halilintar pada hari ini (22/11), dan dapat dinikmati di berbagai platform music mulai tanggal 25 November 2022 mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *