Gayakeren.id – Di musim kemarau ini, cuaca ekstrem sangat menyengat tubuh jika melakukan aktivitas di luar rumah. Cuaca seperti sekarang ini akan menjadi ancaman tersendiri bagi kulit tubuh, salah satunya gangguan pada kulit kering yang membuat tampilan menjadi kurang menarik.

Mengetahui ciri-ciri kulit kering sebenarnya sangatlah mudah, cukup mengamati bagian kulit dan melihat apakah tampilan kaki, punggung, lengan dan lainnya terlihat bersisik.

Untuk mengatasi ancaman tersebut tak perlu pusing mengatasinya. Selain menggunakan pelembab yang mengandung AHA (Alpha Hydroxyl Acids) dan mandi dengan sabun yang ringan serta jauhkan dari sabun antibakteri yang sangat kuat. Yuk, simak solusinya berikut ini,

Moisturizer

Untuk menghindarkan diri dari gatal dan kulit kering, penggunaan moisturizer sangatlah disarankan. Pilihlah pelembab yang tebal dan berat dan hindari yang cair atau losion wangi karena tidak mendatangkan manfaat untuk kulit kering. Hal terbaik ialah menggunakan pelembab berbentuk krim yang tebal dan kuat.

Memakai Pelembab Usai Mandi

Waktu terbaik untuk memberikan paparan kelembaban bagi kulit kering untuk kulit wajah dan tubuh yaitu usai mandi ketika kulit masih lembab. Penggunaan pelembab di waktu ini sangatlah efektif karena akan mengunci kelembaban sehingga tidak menguap.

Rendaman Susu

Jika kulit Anda kering dan membuat gatal yang menggila, ambil susu di lemari es dan tuang dalam mangkuk atau baskom. Celupkan kain lap atau kasa dalam susu dingin dan oleskan ke kulit Anda selama lima menit. Susu memiliki sifat anti inflamasi yang sering menghilangkan rasa gatal serta menyejukkan kulit. Beberapa susu juga mengandung asam laktat sehingga sangat bermanfaat untuk kulit.

Gunakan Minyak

Seringkali, kulit paling kering terjadi di tumit, tangan dan siku. Anda dapat meminimalisir gangguan tersebut dengan penggunaan minyak. Anda juga dapat menggunakan sarung tangan saat tidur dan pakailah kaus kaki di atas tumit yang pecah-pecah. Kenakan pula celana panjang atau T-shirt dengan lengan panjang di atas siku yang pecah-pecah.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *