GayaKeren.id – Menjadi produsen kopi terbesar ke-3 di dunia dengan begitu banyak variang kopi, membuat Indonesia menjadi pusat pertemuan dan aktivitas kopi yang bisnisnya, saat ini, berkembang pesat, untuk menjadi industri kopi secara lokal maupun global.
Jakarta Coffee Week (Jacoweek) 2023, sebuah perayaan tahunan kopi kultur Indonesia, akan kembali digelar pada 3-5 November 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Hall 10. Memasuki tahun ke-8, Jacoweek 2023, yang didukung oleh Bank Mandiri, membawa tema ‘Past, Present, Future’ yang akan membawa pengunjung dalam perjalanan melalui sejarah kopi, menggali dunia kopi saat ini, dan membayangkan masa depan kopi. Jacoweek yang konsisten diadakan setiap tahun, telah menjadi sebuah platform pertemuan strategis bagi pelaku industri kopi dengan konsep one-stop shopping solution yang menghadirkan berbagai kegiatan seputar kopi dan F&B secara langsung bagi konsumen pecinta kopi.
Hendri Kurniawan, Co-Founder Jakarta Coffee Week mengatakan, “Jacoweek 2023 menjadi ajang yang lebih istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Venue yang dua kali lebih besar dari tahun lalu memungkinkan partisipasi lebih banyak dari berbagai pihak, mulai dari penikmat kopi, barista, hingga brand kopi lokal dan internasional terkemuka. Bahkan para petani kopi dari berbagai daerah di Indonesia akan berkumpul dalam satu platform, memfasilitasi kolaborasi yang kuat bagi semua. Melalui tema ‘Past, Present, Future’ ini, kami berharap pengunjung yang hadir dapat flashback ke masa lalu dan melihat apa yang telah dilalui hingga membuat kopi berkembang dan eksis hingga saat ini, dan juga melihat gambaran kopi di masa depan – melalui pameran sejarah kopi dan beberapa pengalaman menarik.”
Pada Jacoweek 2023, pengunjung bisa melihat secara langsung kegiatan ‘Nyete’ yaitu sebuah tradisi lampau melukis batang rokok dengan ampas kopi. Selain itu, tersedia sesi berbagi pengalaman dengan para pelaku industri kopi saat ini, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Semangat keberlanjutan industri kopi di masa depan (coffee for sustainability) juga menjadi perhatian, termasuk bagaimana ampas kopi dapat digunakan sebagai bahan bermanfaat untuk menjadi produk yang berguna.
Jacoweek 2023 sendiri akan menampilkan lebih dari 200 brand terkait kopi dan teh, baik lokal maupun internasional, termasuk pemenang penghargaan, ahli kopi, produsen, dan distributor mesin kopi dan teh, serta petani kopi dari seluruh Indonesia. Hal lainnya yang juga menarik di Jacoweek adalah kompetisi tahunan yang selalu penuh dengan keseruannya. Tahun ini, terdapat tiga kategori kompetisi yang menarik, termasuk Tarung Tiga, VNT Roasting Challenge, dan Jacoweek Cup of the Year yang dipastikan akan menambah keseruan acara bagi pengunjung yang hadir.
Vice President Bank Mandiri, Utaminingsih Udjang meyakini, Jacoweek 2023 menjadi katalis positif terhadap industri kopi lokal maupun internasional, sekaligus menjadi jembatan dalam mensejahterakan petani kopi dan pelaku industri kopi lainnya di Indonesia. “Bank Mandiri selalubersemangat untuk berperan dan berkontribusi pada kemajuan perekonomian Indonesia, salahsatunya pada industri kopi yang semakin diminati. Dalam peran kami sebagai mitra resmi, Bank Mandiri sangat senang dapat membantu mempermudah akses perbankan yang membantu semua proses transaksi di Jakarta Coffee Week 2023,” ujar Utaminingsih Udjang.
Dia menambahkan, lewat perhelatan ini Bank Mandiri optimis industri kopi adalah penghubung yang
kuat, dan berharap Jacoweek 2023 mampu menghadirkan wadah untuk menjalin koneksi yang lebih
dalam bagi komunitas kopi serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Toffin Indonesia, salah satu penyedia produk dan layanan untuk bisnis makanan & minuman dengan teknologi digital, telah menjadi tenant tetap Jacoweek sejak 2016. “Sejak diadakan pertama kalinya, kami memiliki keyakinan bahwa Jacoweek dapat terus berkembang lebih dari sekedar acara kopi. Dengan rutin mengambil bagian dalam acara ini, kami melihat potensi yang cukup besar dari Jacoweek sebagai sebuah platform acara yang ditunggu-tunggu oleh para pelaku industri kopi karena disini mereka dapat bertemu langsung dengan para ahlinya, mulai dari mesin dan bahan baku,” demikian disampaikan Ario Fajar, Head of Marketing Toffin Indonesia.
Dalam kesempatan kali ini, sambung Ario, Toffin Indonesia akan memperkenalkan teknologi yang dapat membantu pelaku usaha mendapatkan pengalaman berbelanja melalui satu aplikasi mobile dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan artificial dan Chat GPT 3.5.
“Kami berharap, event ini dapat menarik pengunjung potensial dan pelaku bisnis untuk saling bertukar informasi hal-hal baru di industri kopi pada khususnya,” ujarnya.
Keberhasilan Jakarta Coffee Week dari tahun ke tahun, tak lepas dari dukungan sponsor yang merupakan para expert di dunia kopi dan F&B. Tahun ini, secara spesial turut mendapat dukungan dari UbruKopi, Indomilk, VNT Indonesia, Rotaryana, dan Akirakoki.
Bagi seluruh penikmat kopi yang ingin merasakan pengalaman dan keseruan rangkaian acara Jakarta
Coffee Week 2023, tiket masuk dapat dibeli secara presale dengan harga Rp. 25,- di Livin’ Sukha melalui apps Livin’ by Bank Mandiri dimulai tanggal 26 Oktober 2023 dengan kuota terbatas.
Pengunjung juga dapat membeli tiket langsung seharga Rp 35.000,- per pax dengan menggunakan
produk-produk Bank Mandiri seperti Kartu Debit, Kartu Kredit, QRIS, dan Kartu e-money.
Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi Instagram resmi Jakarta Coffee Week 2023 @jktcoffeeweek.