Dalam rangka menyambut HUT RI ke-79, acara HBD Indonesia 2024 berhasil mencuri perhatian dengan menghadirkan sederet peritel sukses tanah air. Acara ini tidak hanya menjadi ajang perayaan, tetapi juga momentum penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Acara Tujuh Belasan Sale turut dimeriahkan oleh Fashion Show dari Debz dengan makeup dan hair dari Amaranthine. Kombinasi pesta diskon dari ribuan peritel dan hadirnya para key opinion leader tersebut makin memeriahkan hajatan HIPPINDO tersebut.

 Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, yang diwakili oleh Direktur Bina Usaha, Septo Soepriyatno menyampaikan, “Acara yang berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2024 ini, menjadi momen penting untuk memeriahkan peringatan kemerdekaan kita. Kami menilai pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat di tengah ketidakpastian ekonomi global. Data dari BPS menunjukkan pertumbuhan sebesar 5,05% pada triwulan kedua tahun 2024,” jelasnya.

“Kegiatan Hari Belanja Diskon Indonesia hadir di berbagai pusat perbelanjaan, baik offline maupun online, dan diharapkan dapat menggerakkan daya beli masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Kami berharap HBDI tahun ini dapat melibatkan banyak UMKM dan menjadi ajang promosi produk-produk lokal unggulan, sejalan dengan kampanye “Belanja di Indonesia Saja” untuk mendukung produk dalam negeri, “ imbuh Septo

 HBD Indonesia kali ini adalah momen penting bagi brand lokal untuk bangkit dan sejajar dengan brand asing, serta memperkuat daya saing mereka di pasar domestik dan internasional. Saya juga berharap HBDI dapat menjadi wadah inovasi bagi para peritel dan memperkuat ekosistem perdagangan dalam negeri. Kementerian Perdagangan akan terus berkomitmen mendukung upaya yang mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, termasuk melalui kebijakan yang berpihak kepada usaha ritel.

HBD Indonesia ke-8 tahun ini dijadikan HIPPINDO sebagai kado dari para peritel ke masyarakat, sekaligus menyemarakkan kemeriahan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 lewat berbagai diskon menarik yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

“Tujuh Belasan Sale HBD Indonesia tahun ini bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79. Ini menjadi momen penting untuk memadukan semangat nasionalisme dengan dorongan peningkatan daya beli masyarakat guna pertumbuhan ekonomi nasional,” jelas Ketua Panitia HBD Indonesia 2024, Hedy Djaja Ria.

Ikon HBD Indonesia sendiri dilahirkan HIPPINDO dengan pertimbangan nilai kearifan bangsa Indonesia dan edukasi nilai ke kalangan muda. Ikon berbentuk kotak kado diinspirasi oleh wastra Nusantara tentang nilai luhur dalam budaya Indonesia.

Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta yang diwakili oleh Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menyampaikan, “Pada pagi hari ini, dalam konferensi pers 17aan Sale Hari Belanja Diskon Indonesia, saya mewakili Kemenparekraf DKI Jakarta mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu semua. Sebagai pusat bisnis utama di Indonesia, Jakarta memegang peran penting dalam perekonomian nasional, sehingga berbagai kegiatan yang mendukung pertumbuhan ekonomi menjadi prioritas kami,” jelasnya.

“Di HBD Indonesia ini, saya cukup lama mengawal perkembangan pesatnya. Saya menjadi ketua panitia selama 6 tahun, sebelum akhirnya dilanjutkan oleh Ibu Hedy. Acara ini terus berjuang untuk menciptakan satu event besar dan diantisipasi oleh masyarakat Indonesia. Cita-cita kami, dapat sebanding dengan Black Friday atau Boxing Day di luar negeri. Meskipun banyak tantangan yang kami lalui, dengan berbagai percobaan metode menggelar event ini. Mulai dari durasi sebulan, 10 hari, seminggu, hingga akhirnya satu hari penuh seperti saat ini. Kami yakin hajatan ini akan makin dicintai oleh konsumen Indonesia,” tegas Direktur Utama PT. Sarinah, Fetty Kwartati.

Sementara itu, Pengamat Komunikasi Pemasaran sekaligus CEO Fortuna, Ratna Puspitasari, mengungkapkan, “Indonesia merupakan pasar konsumen yang sangat menarik dengan populasi muda yang besar dan daya beli yang terus meningkat. HBD Indonesia 2024 adalah bukti nyata dari potensi pasar Indonesia. Kami optimistis bahwa Indonesia akan terus menjadi tujuan investasi yang menarik bagi para pelaku bisnis global.”

Di tengah situasi ekonomi global yang menantang, peritel Indonesia menunjukkan optimisme dan komitmen mereka dalam mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *